Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa/Kelurahan

JALIN MATRA PENANGGULANGAN FEMINISASI KEMISKINAN

 

Latar Belakang

Pancasila dan UUD 1945 mengamanatkan Penanganan kemiskinan kepada Negara. Negara dituntut komitmennya untuk mengurus masalah kemiskinan, sehingga kehadiran negara ditengah-tengah permasalahan masyarakatnya menjadi nyata. Amanat negara dalam konstitusi  kepada  pemerintah  untuk  mengurus  rumah tangga miskin melalui kebijakan, program dan aksi kegiatan bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan serta keparahan dan kedalaman kemiskinan. Sehingga akan tercapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat yang sesungguhnya dengan indikator pertumbuhan ekonomi tinggi, diimbangi oleh penurunan angka kemiskinan dan disparitas serta kesenjangan (gap) semakin rendah.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan yang berpusat pada rakyat (people centered) yang inklusif dan mengedepankan partisipasi rakyat (participatory based development),   pertumbuhan   ekonomi   yang   berpihak kepada masyarakat miskin (pro poor growth) dan pengarusutamaan gender.

Hal tersebut tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah   Daerah   pada   periode   2014-2019, dimana Visi Pembangunan Provinsi Jawa Timur yaitu “Jawa Timur  Lebih  Sejahtera,  Berkeadilan,  Mandiri,  Berdaya Saing, dan Berakhlak” dan dengan misi “ Makin Mandiri dan Sejahtera Bersama Wong Cilik” merupakan kesinambungan dan sekaligus peningkatan dari visi sebelumnya yaitu “Terwujudnya Jawa Timur yang Makmur dan Berakhlak dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia” dan Misi “Mewujudkan Makmur Bersama Wong Cilik melalui APBD untuk Rakyat.”Visi, Misi, serta Rencana Strategis yang dijanjikan oleh Pakde Karwo dan Gus Ipul sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur terpilih kepada Rakyat Jawa Timur tersebut menunjukkan konsistensinya terhadap komitmen keberpihakan kepada masyarakat yang lemah dan belum beruntung yang di simbolkan dengan ikon “Wong Cilik.”

Berpijak pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) serta dalam upaya untuk menumbuhkembangkan modal dasar capaian pembangunan pada periode pertama, maka pada pada periode kepemimpinan Pakde Karwo dan Gus Ipul 2014  – 2019 berkomitmen  untuk  meningkatkan  dan  memperluas Program Penanggulangan Kemiskinan yang diwujudkan melalui Program Jalan Lain Menuju Mandiri Dan Sejahtera (JALIN MATRA).

Permasalahan kemiskinan secara keseluruhan menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur, namun secara khusus  saat  ini  mencermati  adanya  peningkatan populasi perempuan yang hidup di bawah garis kemiskinan serta  semakin  tumbuh  dan  akutnya  kondisi  kemiskinan yang terjadi pada rumah  tangga  dengan  kepala rumah tangga perempuan. Fenomena yang sering dikenal sebagai feminisasi kemiskinan atau kemiskinan yang semakin berwajah perempuan tersebut memerlukan upaya khusus dalam rangka penanganannya.

Atas dasar permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur merancang program untuk menangani kemiskinan perempuan, terutama bagi rumah tangga yang Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) melalui Program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan. Program tidak hanya sebagai upaya jangka pendek untuk memberikan bantuan kepada KRTP tetapi terlebih daripada itu adalah sebagai program yang berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi  adanya  perangkap kemiskinan  (poverty trap) pada KRTP.

 

Maksud dan Tujuan

Maksud pelaksanaan Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi  Kemiskinan  merupakan program yang didesain khusus untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program penanggulangan kemiskinan bagi rumah tangga miskin dengan Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP).

Tujuan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan antara lain :

  1. Memberikan akses interaksi dan perlindungan terhadap Kepala Rumah Tangga Perempuan melalui optimalisasi peran Kader TP-PKK sebagai mother care bagi KRTP.
  2. Memperluas  akses  Rumah  Tangga  Sasaran  dengan Kepala Rumah Tangga Perempuan terhadap usaha produktif untuk peningkatan ekonomi/ pendapatan keluarga.
  3. Membantu mendorong ketahanan sosial ekonomi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar;

Mendorong motivasi berusaha (need for achievement) dan kemampuan (life skill) RTS dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya;

 

Prinsip Dasar

a.  Membantu dengan Hati

b.  Partisipatoris Deliberatif

c.  Perspektif Gender

d.  Transparan dan Akuntabel

e.  Keterpaduan

f.  Keberlanjutan (Sustainability)

 

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) antara lain:

  1. Verifikasi dan Fasilitasi Usulan Kebutuhan KRTP;
  2. Fasilitasi Bantuan KRTP;
  3. Peningkatan Kapasitas KRTP
  4. Pemberdayaan Kader PKK Desa
  5. Pendampingan Program;
  6. Hasil Verifikasi Rumah Tangga Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2014;

 

Penanggung jawab : Subid Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro

 

Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 44 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1107
mod_vvisit_counterKemarin1981
mod_vvisit_counterMinggu ini20035
mod_vvisit_counterMinggu lalu26304
mod_vvisit_counterBulan ini68192
mod_vvisit_counterBulan lalu31232
mod_vvisit_counterTotal3574258
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.