Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan

JALIN MATRA PENANGGULANGAN KERENTANAN KEMISKINAN

 

Latar Belakang

Sebagaimana disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Timur 2009-2014, bahwa misi “Makmur bersama Wong Cilik melalui APBD untuk Rakyat” dijalankan dengan pengarusutamaan penanggulangan kemiskinan (pro-poor). Oleh karena itu dalam RPJMD 2014-2019, pengarusutamaan penanggulangan kemiskinan tetap menjadi fokus utama pembangunan Jawa Timur, dan keberpihakan kepada rakyat miskin makin dipertegas melalui misi “Makin Sejahtera dan Mandiri bersama Wong Cilik”. Untuk merealisasikan misi tersebut dirancanglah program pengentasan kemiskinan dengan nama “Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera” (JALIN MATRA).

Pada tahun anggaran 2015 ini, Program Jalin Matra PK2 masih merupakan Pilot Project, yang secara khusus membidik kelompok rumah tangga yang berada pada desil 2 dan desil 3 atau mereka yang berada dalam kategori kelompok Rumah Tangga yang Hampir Miskin (RTHM). Dalam konseptualisasinya Robert Chambers kelompok RTHM tersebut lazim disebut sebagai kelompok masyarakat yang rentang menjadi miskin.

Secara sederhana, kelompok masyarakat yang rentan menjadi miskin lazim digambarkan sebagai kelompok masyarakat yang rapuh, ringkih dan tidak memiliki kemampuan dalam menghadapi berbagai tekanan sosial dan ekonomi yang melanda kehidupannya, misalnya adanya kenaikan harga kebutuhan barang sehari-hari (sembako), kebutuhan untuk mengobati anggota keluarganya yang sakit, gagal panen, adanya bencana alam, dan berbagai tekanan yang lain yang berkaitan dengan kemampuan mereka dalam melakukan survival. Oleh James Scott, betapa rentannya kehidupan mereka digambarkan sebagai “orang yang telah terendam ke dalam kolam air sampai sebatas leher, sehingga ombak yang sekecil apa pun telah mampu menenggelamkannya”.

Melalui Pilot Project Jalin Matra PK2, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berniat untuk menolong kelompok masyarakat rentan yang berada pada desil 2 dan 3 agar tidak terperosok ke dalam jurang kemiskinan, atau kelompok desil 1.

Secara esensial, RTHM yang berada di desil 2 dan 3 adalah rumah tangga yang dalam kesehariannya sebenarnya relatif cukup mampu dalam mencukupi kebutuhannya, tetapi jika ada kebutuhan lain yang lebih mendesak, mereka akan mengalami kesulitan dalam memenuhinya.

Sejalan dengan lahirnya Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Pilot Project Jalin Matra PK2 juga dimaksudkan sebagai upaya untuk memperkuat posisi desa dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa, memajukan perekonomian masyarakat desa, serta mengatasi kesenjangan pembangunan. Oleh karena itu melalui Jalin Matra PK2 diharapkan akan memperkuat keberadaan kelembagaan baru di pedesaan, yang disebut dengan nama Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Dalam konteks ini, Jalin Matra PK2 akan menempatkan BUMDesa sebagai instrumen pemberdayaan masyarakat pedesaan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu target Jalin Matra PK2 Prov. Jatim adalah “1000 Desa 1000 BUMDesa”.

Pilot Project Jalin Matra PK2 ini memiliki kekhususan dalam pengelolaannya, yaitu : dikelola untuk pengembangan potensi ekonomi produktif, sesuai dengan ekonomi spesifik kawasan, dilakukan secara kompetisi yang sehat, berbasis potensi lokal, mengedepankan kreativitas dan kearifan lokal, dana yang diberikan dilakukan secara bergulir, dan dilakukan secara berkelanjutan.

 

Tujuan Umum dan Tujuan Khusus

Tujuan secara umum Pilot Project Jalin Matra PK2 adalah untuk membantu agar masyarakat rentan yang berada pada desil 2 dan desil 3 tidak terperosok pada desil 1.

Sedangkan tujuan secara khusus adalah untuk :

  1. Mendorong masyarakat rentan agar mampu mengatasi kerentanannya sendiri berdasarkan pada potensi sosial ekonomi lokal di desanya;
  2. Mendorong agar masyarakat rentan mampu melakukan kegiatan ekonomi produktif berdasarkan pada potensi sosial ekonomi lokal di desanya;
  3. Mendorong tumbuh dan berkembangnya BUMDesa yang mampu mengelola kegiatan pemberdayaan masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan perekonomian pedesaan.

 

Prinsip Dasar

Beberapa prinsip dasar yang digunakan Pilot Project Jalin Matra PK2 adalah:

  1. Membantu dengan Hati;
  2. Partisipatoris;
  3. Transparan dan Akuntabel;
  4. Keterpaduan;
  5. Keberlanjutan;

Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pilot Project Jalin Matra PK2 meliputi beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembentukan/Penguatan BUMDesa;
  2. Pengembangan usaha Pokmas;
  3. Peningkatan Kapasitas RTS;
  4. Pendampingan;

Prinsip-prinsip Pengelolaan

Agar mencapai sasaran yang diharapkan, maka Pilot Project Jalin Matra PK2 memiliki beberapa prinsip dalam pengelolaannya, yaitu:

  1. Usaha ekonomi produktif;
  2. Ekonomi spesifik kawasan;
  3. Kompetisi sehat;
  4. Berbasis kompetensi lokal;
  5. Kreatifitas dan kearifan lokal usaha;
  6. Bergulir;
  7. Berkelanjutan;

Penanggung jawab : Subid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat

 

Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 15 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1074
mod_vvisit_counterKemarin1981
mod_vvisit_counterMinggu ini20002
mod_vvisit_counterMinggu lalu26304
mod_vvisit_counterBulan ini68159
mod_vvisit_counterBulan lalu31232
mod_vvisit_counterTotal3574225
Copyright © 2009 - 2017DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.